Berbisnis Tanpa Modal

By cakka on Feb 6th, 2012
bisnis-tanpa-modal.jpg

Seorang teman berkata kepada saya, ia ingin memiliki bisnis meskipun bisnis kecil-kecilan ia akan mensyukurinya karena ia berharap bisnis itu suatu saat akan berkembang menjadi bisnis yang besar. Namun, ia juga mengeluhkan bahwa ia tidak memiliki modal uang. Saya mencoba mengecek asetnya, sungguh mengherankan ! Ia punya kendaraan, ponsel pun punya, namun ia mengatakan tidak memiliki modal.

Seringkali dalam memulai bisnis banyak orang berpikir mereka harus memiliki modal uang yang banyak untuk memulai dan menjalankan bisnisnya padahal ini adalah sebuah pemikiran yang sangat-sangat salah. Dengan hanya memiliki sebuah kendaraan berupa motor dan sebuah handphone saja sebenarnya itu sudah sebuah modal untuk dapat berbisnis. Bahkan jika tidak memiliki kendaraan sekalipun asalkan masih ada handphone untuk komunikasi, sebuah bisnis dapat mulai dijalankan. Tentu dalam hal ini saya berbicara mulai dari skala kecil, segala sesuatu dimulai dari yang kecil bukan ?

Saya bahas sedikit bagaimana agar anda dapat berbisnis kecil-kecilan tanpa perlu modal uang. Jangan katakan ini hal yang mustahil. Asalkan anda TIDAK MALAS, MAU BERPIKIR DAN BEKERJA KERAS anda pasti bisa memperoleh keuntungan. Ini bukan hanya sebuah tulisan namun ini adalah sebuah pengalaman pribadi saya.

Saat ini teknologi internet sudah semakin terjangkau semua kalangan dan alat komunikasi pun semakin canggih dan murah. Memiliki sebuah smartphone bukan lagi sesuatu yang berat. Banyak lapisan masyarakat dapat dengan mudah memilikinya, entah itu barang baru atau barang bekas. Namun, lain ceritanya jika anda seorang pengangguran tanpa penghasilan sedikit pun, membaca hal ini pun tidak akan berguna bagi anda.

Dengan internet anda dapat berinteraksi mencari penawaran-penawaran berbagai barang yang ada di forum-forum atau situs-situs iklan (jangan tanya saya apa saja situsnya, ada banyak sekali situsnya) , lalu hubungi sang penjual dan coba tanyakan apakah anda bisa mendapatkan harga khusus jika ingin menjual nya kembali (menjadi reseller). Jika si penjual dapat memberikan anda harga khusus untuk dapat dijual kembali, ini menjadi sebuah peluang bisnis untuk anda. Anda dapat jual barang tersebut dengan harga pasaran namun tetap untung. Agar anda tidak mengeluarkan modal uang sedikitpun, jangan membeli barang jika tidak ada pemesanan, jika ada orang yang melakukan pemesanan pastikan anda menerima pembayaran nya terlebih dahulu, minimal sebagai uang muka tanda jadi, jika sang pembeli membatalkan anda dapat menghanguskan uang muka tersebut dan menjual barang tersebut sehingga meminimalisir kerugian.

Untuk dapat melakukan penjualan seperti itu tentu anda harus dapat dipercaya orang, cobalah memiliki sebuah blog atau situs. Jika anda tidak ada dana, gunakan blog gratis seperti blogspot dan sebagainya. Sehingga orang dapat mengecek reputasi anda melalui blog anda. Semakin rajin anda mengelola blog anda, akan semakin menunjukkan kredibilitas anda sebagai pedagang.

Nah, mudah kan ? Segala sesuatu akan menjadi mudah jika kita berusaha keras ^_^

Sedikit sharing dari saya agar anda termotivasi, saat ini sendiri saya melakukan bisnis ini. Saya bekerja sama dengan berbagai supplier grosir maupun importir untuk menjual berbagai jenis barang. Barang tersebut saya tawarkan di situs saya SentraBelanja.com, saat ini sih saya tidak memiliki banyak waktu untuk mengelolanya sehingga jika punya waktu 2 jam saja dalam 1 minggu untuk mengurus jualan saya ini, sudah luar biasa sekali. Namun, tahukan anda dengan begini saja saya bisa menghasilkan "uang jajan" tambahan berkisar Rp 200.000 hingga Rp 800.000 setiap bulannya.

Kecil ya keuntungan nya ? Ya tidak apa-apa, namanya juga awal-awal, lagipula saya mengelola nya pun kurang dari 10 jam dalam sebulan. Cukup lumayan untuk perhitungan kerja dengan waktu hanya sekitar 10 jam dalam sebulan. Sekarang saya sedang tingkatkan dan perbaiki lagi situs saya ini agar bisa menghasilkan keuntungan lebih banyak lagi.

Selanjutnya silakan anda mencoba nya juga. Selamat berusaha ^_^

Baca juga artikel terkait belajar bisnis mengenai Bisnis Online Trading.